Indahnya Indonesiaku^^ Mau Coba?^^

pelangiasik.com








Jakarta - Keindahan alam bawah laut Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, jarang terkspose. Rencananya, Mapala Universitas Indonesia akan melakukan eksplorasi.
Lewat rilis dari Mapala Universitas Indonesia pada detikTravel, Selasa (26/9/2017), mereka akan mengeksplorasi 'surga' tenggelam di Kabupaten Parigi Moutong. Kegiatan ini ditujukan untuk memetakan potensi pariwisata bahari.

Kegiatan yang bertajuk 'Explore to Conserve' itu akan berlangsung dari tanggal 21 Oktober – 4 November 2017. Lokasi persisnya adalah Teluk Tomini di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Perairan Parigi Moutong tercatat sebagai salah satu titik dalam segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle). Bahkan, lokasi ini dijuluki sebagai Heart of Coral Triangle karena terdapat ratusan karang raksasa berukuran diameter mencapai 2 meter.

pelangiasik.com
Eksplorasi Parigi Moutong akan menjadi salah satu upaya Mapala UI untuk mengungkap potensi tersebut kepada masyarakat lokal dan pemerintah. Harapannya pembangunan pariwisata di Parigi Moutong dapat lebih efektif dan tepat sasaran.

"Teluk Tomini (Parigi Moutong) memiliki banyak potensi, mulai dari kekayaan laut, kehidupan sosial,budaya masyarakat pesisir, dan sejarah. Semoga dengan adanya penelitian ini semakin meningkatkan potensi pariwisata yang ada sehingga berdampak pada perekonomian masyarakatnya," ujar Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun, di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar.

Mapala UI akan mengirim 8 penyelam yang telah dilatih intensif oleh Oseanografi LIPI dan WWF Indonesia. Pemetaan ini melingkupi titik terumbu karang, pengecekan kualitas terumbu karang, dan dokumentasi potensi bawah laut.