Hati-Hati Bila Menggunakan Softlens Saat Halloween^^

pelangiasik.com




Jakarta, Menjelang akhir Oktober biasanya beberapa tempat umum merayakan pesta kostum halloween. Nah salah satu atribut yang sering digunakan biasanya adalah lensa kontak dengan warna atau corak unik.

Terkait hal tersebut dokter mata kembali mengingatkan agar jangan sembarangan memakainya. Beberapa lensa kontak khusus halloween tersebut kadang dibuat hanya untuk barang koleksi saja tanpa memikirkan faktor keamanan bila dipakai.

Spesialis bedah mata dr Badrul Hussain dari Moorfields Eye Hospital mengatakan setiap tahun ia sudah sering mengobati pasien yang matanya bermasalah akibat lensa kontak. Beberapa di antara pasiennya adalah anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Bila melihat tren menurut dr Badrul jumlah pasien akan cenderung meningkat sekitar halloween. 

"Dari beberapa kasus yang kita lihat kasus dengan dampak luar biasa bisa muncul karena pasien saling pinjam meminjam lensa kontak, memakai lensa yang sama meski sudah kedaluwarsa, dan menaruh lensa di air keran," kata dr Badrul dikutip dari BBC, Jumat (20/10/2017).

"Tidak tahu dasar-dasar cara aman memakai lensa kontak dapat membuat kamu lebih berisiko mengalami cedera mata. Pada kasus yang lebih buruk, kamu dapat kehilangan fungsi penglihatan permanen," lanjutnya.

Kehilangan fungsi penglihatan akibat lensa kontak bisa terjadi karena infeksi oleh bakteri atau mikroba lainnya. Selain itu bisa juga lapisan mata tergores akibat bahan yang digunakan pada lensa kontak tidak cocok untuk mata.